MGMP DAN KKG BERMUTU

PENGANTAR

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa kami telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP yang dilaksanakan oleh P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK Depdiknas dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Desember 2008 di Hotel Pramestri, Cibogo, Bogor, Jawa Barat.
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran melalui KKG dan MGMP di daerah. DCT (District Core Team) merupakan tim yang berada di daerah kabupaten yang akan memfasilitasi KKG dan MGMP kabupaten masing-masing.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, kepada Bapak / Ibu Pengawas di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, kepada Widyaswara dari LPMP Kalimantan Tengah, kepada Bapak Kepala Sekolah tempat kami bertugas, dan seluruh anggota KKG dan MGMP yang telah mempercayakan kami untuk menjadi TIM yang mewakili KKG dan MGMP untuk mengikuti pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP Kabupaten Barito Timur. Harapan kami, dengan bekerja sama kita membangun untuk kemajuan dan peningkatan mutu pendidik dan pendidikan di daerah kita.

Terima kasih.

Tamiang Layang, 9 Desember 2008

Perwakilan KKG/MGMP,

Hamdan, SPd
Luluk Sumarsono, SPd

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Peningkatan profesionalisme guru melalui KKG/MGMP menjadi tanggung jawab guru, pengawas dan kepala sekolah sebagai mitra kerja, sehingga guru mampu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional.
Salah satu persoalan kualitas guru adalah masih ditemukan guru yang rendah pema-hamannya terhadap karakteristik Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menye-nangkan (PAKEM). Menyoroti tentang sumber daya yang belum profesional, dalam pe-laksanaan pendidikan khususnya di sekolah, guru merupakan pelaku pendidikan praktis di kelas. Sangatlah besar pengaruh guru terhadap keberhasilan konsep-konsep pembaharuan dalam bidang pembelajaran. Berbagai sikap guru dapat dilihat dalam pelaksanaan peru-bahan, diantaranya proaktif, reaktif, bahkan ada pula yang apatis. Perilaku guru yang diharapkan adalah guru proactive dalam implementasi perkembangan teknologi dalam tataran teknik, metodologi, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran.
Mengantisipasi hal itu, pihak P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK, Depdiknas menyeleng-garakan kegiatan pelatihan untuk DCT melalui program BERMUTU (Better Education Reformed Management Universal Trought Upgrade). Agar guru sebagai pelaku yang ada di sekolah dapat mengikuti kegiatan pelatihan dan tidak meninggalkan tugas pokoknya, maka pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini dilaksanakan, dengan harap-an mendapatkan personil yang akan bertugas langsung mendampingi dan memfasilitasi KKG dan MGMP agar dapat optimal dalam implementasinya.
1.2 Masalah
Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah mitra pihak P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK, Depdiknas. Pelatihan untuk DCT melalui program BERMUTU (Better Education Reformed Management Universal Trought Upgrade) guna mendapatkan personil yang akan memfasilitasi pelaksanaan KKG dan MGMP di kabupten/kota telah dilaksanakan.
Bertolak dari pelaksanaan program BERMUTU, untuk pemberdayaan KKG dan MGMP ini menemui kendala antara lain.
 Tidak semua lokasi telah memiliki KKG/MGMP
 Tidak semua KKG dan MGMP yang ada aktif menyelenggarakan kegiatan secara rutin.
 Tidak semua KKG dan MGMP yang ada didukung oleh organisasi dan manajemen yang baik.
1.3 Alternatif Pemecahan Masalah
Sebagai solusi masalah tersebut, maka pihak P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK, Depdiknas menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk DCT melalui program BERMUTU (Better Education Reformed Management Universal Trought Upgrade). Pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini dilaksanakan, dengan harapan akan mendapat personil di daerah sebagai fasilitator yang akan memfasilitasi kegiatan KKG dan MGMP sesuai dengan program dalam modul dan pedoman pelaksanaan program bermutu di daerah kabupaten/kota.
1.4 Tujuan
Tujuan pelaksanaan pelatihan ini seperti yang telah dipaparkan pada latar belakang di atas yaitu menyiapkan personil yang akan memfasilitasi kegiatan KKG dan MGMP di daerah/ kabupaten masing-masing agar dapat optimal dalam implementasinya.
Secara khusus pelatihan atau diklat (ToT) District Core Team (DCT) KKG dan MGMP ini sebagai berikut.
1. Meningkatkan kemampuan bagi DCT Inti Kabupaten dalam menjalankan tugas untuk memfasilitasi kegiatan KKG dan MGMP.
2. Memantapkan penggunaan modul-modul untuk memfasilitasi KKG dan MGMP di daerah Kabupaten masing-masing.
1.4 Hasil dan Manfaat
a. Hasil
Sebagaimana telah disebutkan pada tujuan di atas, secara umum hasil pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP yang dilaksanakan akan menghasilkan Tim yang akan memfasilitasi KKG dan MGMP untuk menginformasikan semua modul dan pedoman pelaksanaan program bermutu di daerah lingkungan kabupaten masing-masing.
Secara khusus hasil yang diharapkan dari pelatihan DCT KKG dan MGMP ini sebagai berikut.
 Dapat menjadi fasilitator KKG dan MGMP dalam mengimplementasikan program BERMUTU.
 Dapat mengimplementasikan KTSP.
 Dapat memanfaatkan jurnal, portofolio, dan ICT dalam pembelajaran.
 Dapat mengidentifikasi materi-materi kritis dan menemukan solusinya.
 Dapat menentukan model inovasi pembelajaran dan melaksanakan PTK.
 Dapat melakukan evaluasi mandiri kinerja.
b. Manfaat Diklat ToT KKG dan MGMP Program BERMUTU
Manfaat Diklat ToT KKG dan MGMP Program BERMUTU menciptakan tim kerja di tingkat provinsi yaitu Provincial Core Team (PCT) dan tingkat kabupaten yaitu District Core Team (DCT) yang akan memfasilitasi untuk menginformasikan semua modul dan pedoman pelaksanaan program BERMUTU.
 Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen KKG dan MGMP agar layak menerima DBL dan mampu menyelenggarakan kegiatan diklat guru (terutama model BERMUTU) yang terakreditasi secara akuntabel.
 Agar guru sebagai pelaku yang ada di sekolah dapat mengikuti kegiatan pelatihan dan tidak meninggalkan tugas pokoknya, maka pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini dilaksanakan, dengan harapan semua modul dan pedoman pelaksanaan program bermutu dapat mengimbas kepada kelompok kerja guru dalam KKG atau MGMP di daerah.

BAB II
HASIL DIKLAT (ToT) DCT KKG DAN MGMP

2.1 Tempat dan Waktu Kegiatan
Tempat dan waktu pelaksanaan kegiatan pelatihan untuk Provincial Core Team (PCT) dan District Core Team DCT di tingkat nasional yang dilaksanakan oleh P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK Depdiknas adalah sebagai berikut.
2.1.1 Tempat Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini bertempat di Hotel Pramestri Jalan Raya Puncak Km 72, Cibogo, Bogor, Jawa Barat.
2.1.2 Waktu Kegiatan
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP dari tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Desember 2008.
2.2 Struktur Program dan Jadwal Kegiatan
2.1.1 Struktur Program
Sebagaimana dicantumkan dalam buku Petunjuk Teknis pelatihan yang disusun Tim Nasional (National Core Team / NCT) bahwa struktur program kegiatan pelatihan untuk District Core Team (DCT) KKG dan MGMP adalah sebagai berikut.
STRUKTUR PROGRAM KKG
No. Program Mata Diklat Jumlah Jam Narasumber Ket.
I Umum 1. Kebijakan Umum Program BERMUTU 2 Direktorat Bindiklat POM
II Pokok 2. Model Pembelajaran BERMUTU 2 NCT Pedoman
Pengelolaan
Pembelajaran
3. Generik PTK, Lesson Study, Case Studi, Pengkajian Kritis 3 NCT Panduan Belajar Generik
4. Panduan Belajar Mata Pelajaran (Tematik, IPA, Matematika IPS, Bhs Indonesia) 19 NCT Panduan Belajar Mata Pelajaran
5. Panduan Belajar ICT 2 NCT Panduan Belajar ICT
III Penunjang 6. Review dan Action Plan 2 NCT Indikator Keberhasilan
Jumlah 30

STRUKTUR PROGRAM MGMP
No. Program Mata Diklat Jumlah Jam Narasumber Ket.
I Umum 1. Kebijakan Umum Program BERMUTU 2 Direktorat Bindiklat POM
II Pokok 2. Model Pembelajaran BERMUTU 2 NCT Pedoman
Pengelolaan
Pembelajaran
3. Inovasi Pembelajaran (Lesson Study, Case Studi Pengkajian Kritis) 3 NCT Panduan Belajar Generik
4. Panduan Belajar Mata Pelajaran (IPA, Matematika, IPS, Bhs Indonesia, Bhs Inggris) 19 NCT Panduan Belajar Mata Pelajaran
5. Panduan Belajar ICT 2 NCT Panduan Belajar ICT
III Penunjang 6. Review dan Action Plan 2 NCT Indikator Keberhasilan
Jumlah 30
2.1.2 Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP telah dilaksana-kan tanggal 3 sampai dengan tanggal 6 Desember 2008, adalah sebagai berikut.
JADWAL PELATIHAN DCT – KKG BERMUTU
Waktu Hari / Tanggal
Rabu,
3 Des’ Kamis, 4 Des’ Jumat, 5 Des’ Sabtu,
6 Des’
07.30 – 08.15 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran Check out
08.15 – 09.00 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
09.00 – 09.45 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
09.45 – 10.15 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
10.15 – 11.00 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
11.00 – 11.45 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
11.45 – 12.30 Panduan Belajar Mata Pelajaran Isohama
12.30 – 14.00 Check in Isohama
14.00 – 14.45 Check in Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
14.45 – 15.30 Check in Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
15.30 – 16.00 Pembukaan Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
16.00 – 16.45 Pembukaan Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
16.45 – 17.30 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
17.30 – 19.00 Isohama Isohama Isohama
19.00 – 19.45 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
19.45 – 20.30 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
20.30 – 21.15 Model Pemb. Bermutu Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
21.15 – 22.00 Model Pemb. Bermutu Panduan Belajar Mata Pelajaran

JADWAL PELATIHAN DCT – MGMP BERMUTU
Waktu Hari / Tanggal
Rabu,
3 Des’ Kamis, 4 Des’ Jumat, 5 Des’ Sabtu,
6 Des’
07.30 – 08.15 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran Check out
08.15 – 09.00 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
09.00 – 09.45 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
09.45 – 10.15 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
10.15 – 11.00 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
11.00 – 11.45 Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
11.45 – 12.30 Panduan Belajar Mata Pelajaran Isohama
12.30 – 14.00 Check in Isohama
14.00 – 14.45 Check in Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
14.45 – 15.30 Check in Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
15.30 – 16.00 Pembukaan Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
16.00 – 16.45 Pembukaan Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
16.45 – 17.30 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
17.30 – 19.00 Isohama Isohama Isohama
19.00 – 19.45 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
19.45 – 20.30 Generik PTK Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
20.30 – 21.15 Model Pemb. Bermutu Panduan Belajar Mata Pelajaran Panduan Belajar Mata Pelajaran
21.15 – 22.00 Model Pemb. Bermutu Panduan Belajar Mata Pelajaran

2.3 Tindak Lanjut
Seperti telah dikemukakan pada manfaat dari pelaksanaan pelatihan Diklat ToT KKG dan MGMP Program BERMUTU adalah membina tim kerja di tingkat provinsi yaitu Provincial Core Team (PCT) dan tingkat kabupaten yaitu District Core Team (DCT) sebagai perpan-jangan tangan program BERMUTU untuk menginformasikan semua modul dan pedoman pelaksanaan kepada KKG dan MGMP hingga sampai pada guru KKG dan MGMP.

Sebagai tindak lanjut di daerah, District Core Team (DCT) yang telah menerima pelatihan di tingkat nasional akan memfasilitasi kelompok KKG dan MGMP di tingkat kabupaten dengan program kegiatan sebagai berikut.
1) Menginventarisasi atau melakukan pemetaan KKG dan MGMP yang meliputi jumlah dan sebaran KKG/MGMP yang ada, kategori KKG/MGMP, jumlah keanggotaan dan partisipasi, dan membenahi organisasi manajemen termasuk pengurus dan rekening bank.
2) Memfasilitasi KKG dan MGMP yang berkualitas didukung perencanaan, pelaksanaan, sumber daya, dan evaluasi.
3) Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait dan stakeholder.
Secara khusus tindak lanjut kegiatan dari pelatihan ini adalah
1) Guru Pemandu/Guru Inti yang memandu kegiatan belajar terkait pembelajaran di KKG SD atau MGMP SMP melalui program BERMUTU
2) Belajar di KKG/MGMP dengan Guru Pemandu/Guru Inti
3) Belajar melalui penugasan terstruktur di sekolah
4) Belajar melalui tugas belajar mandiri

BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
Peningkatan profesionalisme guru melalui KKG/MGMP menjadi tanggung jawab guru, pengawas dan kepala sekolah sebagai mitra kerja, sehingga guru mampu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional.
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu profesional guru dalam proses pembelajaran melalui KKG dan MGMP di daerah. DCT (District Core Team) merupakan tim yang berada di kabupaten yang akan menginduksikan hasil pelatihan ke KKG dan MGMP kabupaten masing-masing.
District Core Team (DCT) yang telah menerima pelatihan di tingkat nasional akan memfasilitasi kelompok KKG dan MGMP di tingkat kabupaten dengan program kegiatan sebagai berikut.
1) Menginventarisasi atau melakukan pemetaan KKG dan MGMP yang meliputi jumlah dan sebaran KKG/MGMP yang ada, kategori KKG/MGMP, jumlah keanggotaan dan partisipasi, dan membenahi organisasi manajemen termasuk pengurus dan rekening bank.
2) Memfasilitasi KKG dan MGMP yang berkualitas didukung perencanaan, pelaksanaan, sumber daya, dan evaluasi.
3) Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait dan stakeholder.

3.2 Saran
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) DCT KKG dan MGMP yang dilakukan Provincial Core Team (PCT) dan District Core Team DCT di tingkat nasional yang dilaksanakan oleh P4TK Bahasa, Dirjen PMPTK Depdiknas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu profesional guru dalam proses pembelajaran melalui KKG dan MGMP di daerah diharapkan terus berlanjut.
DCT (District Core Team) merupakan tim yang berada di kabupaten yang memfasilitas KKG dan MGMP di tingkat kabupaten masing-masing diharapkan selalu mendapat arahan dan bimbingan dari Provincial Core Team (PCT) dan (National Core Team (NCT).

26 Comments

  1. saya juga tertarik dengan komentar anda program BERMUTU pada dasarnya sangat bermanfaat buatguru, untuk menjadi guru yang tepat untuk semua siswa, namun benarkah tidak ada siswa yang bodoh? ataukah lebih tepat jika kita menyebutnya IQ agak rendah.

  2. Salam,
    Posting anda sangat menarik. Ternyata permasalahan berikaitan dengan KKG/MGMP tidak jauh berbeda.
    Dan saya berharap kita dapat saling sharing pemikiran tuk kemajuan pendidikan bagi anak-anak Bangsa.
    Terima kasih.

  3. Terima kasih dan salam kenal dari semua anggota kkg siridepatty amq kami belm menerima dbl bermutu namun kami mengharapkan masukan masukan untuk menambah kreaktif teman teman guru di kkg siridepatty agar peningkatan kualiats dean kualifikasi guru yg pada akhirnya terwujudnya peningkatan mutu pendidikan secara nasional.

  4. salam kenal dari kami guru-guru sdn 1 sei.kapar (yang sangat jauh dari impormasi).Kec.mantangai teriring harapan mudah-mudahan blog ini menjadi wahana komonikasi guru-guru kalteng.Tingkatkan terus penampilannya kami salut.

  5. Salam,
    Posting anda sangat menarik. Ternyata permasalahan berikaitan dengan KKG/MGMP tidak jauh berbeda.
    Dan saya berharap kita dapat saling sharing pemikiran tuk kemajuan pendidikan bagi anak-anak Bangsa.
    Terima kasih.

    Harto-Gorontalo Utara

  6. salam kenal,
    saya tertarik dengan posting anda, karena baru2 ini saya baru saja mengikuti Pelatihan DCT, di Cipayung Bogor Jawa Barat. Apa yang anda kemukakan disini kami juga mengalaminya, seperti kendala yang dialami didaerah dalam mengadakan MGMP.
    Saya berharap kita bisa saling bantu untuk perkembangan pendidikan di daerah kita, khususnya di Indonesia.
    Terima kasih.
    Abdul Gani,S.Pd.
    Guru SMP Negeri 2 Mila Kab.Pidie NAD 24161

    • Salam kenal buat Pak Abdul Gani, terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.
      Harapan saya dan kita semua sangat besar terhadap realisasi MGMP BERMUTU untuk terwujudnya peningkatan kualitas dan kualifikasi guru yang pada akhirnya terwujud peningkatan mutu pendidikan secara nasional.

      Salam buat seluruh rekan sejawat di NAD.

Komentar ditutup.