Belum Saatnya…

Cerpen Remaja
Oleh Aditya

Namaku Enda Gunawan lengkapnya tapi bukan Enda gitaris ungu dan sering dipanggil Enda aku seorang laki-laki tubuh tinggi sekitar 170cm-180cm,tidak gemuk,muka pas-pasan,berkulit agak kecoklat-coklatan dan aku baru lulus SMP dan sekarang masuk di salah satu SMAN BANJAR BARU. Kata teman-teman aku baik dan tidak pemarah mereka menyebut aku seperti itu karena aku setiap kali diejek orang pasti diam aja. Entahlah aku juga nggak tau itu benar atau nggaknya hal itu karena seseorang tidak bisa menilai dirinya sendiri.
***
Senin pagi bulan Juli 2006 tepat pukul 4.30 Wib aku terbangun dari tidurku, aku merasa aku harus sholat dan mandi cepat-cepat kerena hari ini adalah salah satu hari bersejarah dalam hidupku. Hari ini pertama kalinya aku masuk SMA rasanya malu, takut, dan gugup karena hari ini juga hari pertama kegiatan MOS kata orang kegiatan MOS itu sulit. Ternyata MOS tidak sesulit yang aku bayangkan malah sebaliknya aku mendapat sahabat baru seperti Aldo orang baik,tubuhnya agak pendek,kecil,sopan,muka imut-imut dan agak pemalu, dan Hendri berkulit hitam, Rambut ikal,agak gemuk,punya kepercayaan diri yang besar,baik dipercaya teman-teman dan guru. Kami semua masuk kelas X1 kata orang sih kelas unggulan tapi aku juga tidak tau pasti tentang hal ini maka dari itu aku dibilang teman-temanku KUPER(kurang pergaulan).
***
Waktu terus berputar tanpa terasa tiga hari telah berlalu setelah aku mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa hari ini Rabu dan hari ini adalah terakhir MOS. Hari ini aku pun ditunjuk sebagai ketua kelas dikelas X1. Aku bangga karena diberi kepercayaan lebih dari teman-teman dan guru tapi ada takutnya juga karena membutuhkan tanggung jawab yang besar hari-hari kami berjalan dengan seru dan membahagiakan. Lima bulan berlalu dan tepat bulan Desember kami duduk dikelas X1 dan banyak kejadian sedih, senang, dan canda tawa kami lalui bersama di kelas X1. Pada bulan Desember 2006 inilah aku baru mengenal akrab kakak-kakak kelasku yang bernama Rendy kelas XI1 IPA 1 berwajah lumayan ganteng,suka olah raga tenis meja,tinggi, hidung mancung,sopan,dan pintar berserta Alex kelas XII1 IPA 1 agak pendek,hobi olah raga,pinter, hidung pesek,dan tau diri. Aku bertemu dengan mereka saat diacara pelantikan OSIS andai tidak ada acara pelantikan OSIS kami pun tak kan akrab seperti ini. Mereka adalah sahabat baikku boleh dikatakan kami adalah soulmate yang tak terpisahakan karena kami biasanya saling curhat tentang perasaan kami masing-masing kami juga saling berbagi sedih,senang,dan canda tawa bersama-sama. Pada hari Senin bulan Desember 2006 Rendy berkata kepada kami bahwa dia menyukai seorang perempuan bernama Mulan. Kami terkejut mendengarnya lalu aku menyarankan kepada dia untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada gadis itu aku berkata kepadanya” kamu mungkin bisa menjadi seorang kekasihnya” setelah satu minggu setelah dia menyatakan cintanya dia menjadi kekasih gadis itu. Alex pun berkata setelah mendengar hal itu “Selamatnya!hayo Benarkan yang dikatakan Rey kalau kamu bisa menjadi kekasihnya”. Rendy pun menjawab “iya tapi tanpa dukungan kalian berdua mungkin aku tidak akan menjadi kekasih Mulan terimakasih teman-teman”aku dan alex menjawab bersama-sama”sama-sama Ren kitakan sahabat dan juga sudah sepantasnya kita sebagi manusia harus tolong-menolong bukan saling luka-melukai”.
***
Sekarang hari selasa bulan Januari 2007 tepat dan sudah satu bulan Rendy dan Mulan berpacaran dan sekarang aku telah belajar dan mulai mengenal apa itu arti cinta, ada seorang perempuan yang membuatku jatuh cinta dia bernama Desi dia entah mengapa aku menyukai dan mencintai dia mungkin karena cantik,baik,pinter,lumayan tinggi,Manis,hidung agak pesek, rambut pendek, tapi kelakuannya sedikit kekanakan mungkin karena kekanak-kanakan itulah aku menyukai dia dan dia adalah kakak kelasku kelas XI1 temannya Rendy dan aku menyeritakan hal itu kepada Alex dan Rendy Alex pun berkata “Coba aja Rey kamu ungkapkan perasaan kamu ke dia mungkin kamu bisa jadi kekasihnya juga seperti Rendy dan Mulan” aku menjawab “ baiklah aku akan mencobanya tidak salah kalau aku mencobanya” kemudian Rendy juga ikutan bicara “kalau bisa jadi pacarnya aku kasih hadiah”aku pun kembali menjawab “jangan bohong ya,kamu tahukan bohong itu dosa lo”.dia pun kembali menjawab dengan nada yang meyakinkan “ngapain aku bohong aku juga udah tau kalau bohong itu dosa” hari ini pun terasa cepat sekali berlalu.
***
Keesokan harinya hari selasa di depan Lab.IPA aku mengukapkan cintaku kepada Desi aku berkata “Desi aku sayang dan cinta padamu maukah kamu menjadi pacarku” tiba-tiba suasana menjadi tegang dan hening. Dia menjawab “sorry, aku nggak bisa menjadi pacar kamu lebih baik kita temanan aja” aku menjawab kembali “iya nggak papa”setelah itu aku pergi dari sana dan menuju pulang tetapi saat ditengah perjalanan aku bertemu Alex dan Rendy. Alex pun bertanya “Nda kamu diterima atau nggak” Aku menjawab “Nggak “dia kembali menjawab”nggak papa yang penting udah nyoba masalah diterima atau nggak bukan masalah ” Si Rendy berkata “walau sesedih apapun kita karena ditolak cewek jangan sampai bunuh diri dan sorry aku nggak akan ngasih hadiah ke kamu karena kamu nggak jadi pacarnya Desi”ku jawab lagi “ya nggaklah walau aku sedih aku nggak akan bunuh diri kok karena aku tau kalau cewek di dunia ini nggak cuma dia seorang masih banyak cewek lebih baik dari dia dan walau aku bunuh diri pun nggak akan membuat dia jadi kekasih melainkan menambah dosaku ini” dan hari-hariku dibulan Januari pun berjalan seperti biasa walau hatiku sedih.
***
. Dua bulan telah berlalu aku memasuki kelas XI IPA 1 dan teman ku Alex dia telah lulus SMA di kelas baruku ini aku bertemu teman-teman yang dari kelas lain dulunya.Dikelas ini aku mendapat seorang sahabat lagi benama Deniel dia orangnya baik, ganteng, tinggi ,badannya lumayan berisi tapi agak jail dan disini aku duduk sebangku dengan Echa dia manis,baik, tinggi,hidung pesek dan paling peka kalau disakiti oleh laki-laki.Hari-hari kami dikelas ini dengan penuh kejailan dan penuh kebahagiaan karena kami selalu berahasil ngerjain teman-teman yang Ul-Tah dikelas. Saat ini aku mulai bisa melupakan Desi.
***
Semester ganjil berlalu dengan kejadian-kejadian yang mebahagiakan dan sekarang bulan Juli aku kembali suka kepada seorang Perempuan di bernama Eri dia teman sekelasku,dia adalah orang yang disetiap apa pun dilakukannya harus dengan keinginannya, Tidak mau ada kesalahan sekecil apapun, lumayan cantik,Lumayan tinggi ,hidung agak mancung,pinter tapi nggak terlalu nyambung sama teman-teman karena dia sensitip sedangkan teman-temanku suka bercanda walau biasanya agak keterlaluan dan pada hari Selasa bulan Agustus 2008 aku menyatakan cinta ku kepada dia tetapi hasilnya sama aku ditolak dan setelah bulan agustus telah berlalu aku berhasil melupakan Eri aku kembali mengungkapkan cinta kepada Lala dia adalah cewek yang sopan,gak angkuh,baik,cantik,suka bercanda,lumayan tinggi , dan sahabtnya Eri tapi hasilnya ditolak juga dan nggak Eri tahu hal itu dia marah kepada ku dan Lala.Tapi ada yang buatku bingung dia menghina kami sebagai pengkhianat betapa sakit dan kecewanya hati kami berdua mungkin takan terlupakan tapi hal itu tak hanya didengar oleh telinga kami saja banyak teman-teman yang mendengar dan marah mendengar perkataan dia kepada kami. Setelah itu aku pun bertanya dalam hati kecilku”kenapa dia berkata seperti itu ku rasa aku tak pernah berbuat salah dengannya”namun setelah aku cari tau ternyata dia marah karena dia tahu aku telah mengungkapkan cinta kepada Lala ternyata setelah aku dan Lala tahu hal itu Lala juga marah kepadaku karena mereka kira aku ingin merusak persahabatan mereka, Mereka salah mengira kalau hal itu adalah rencanaku untuk merusak persahabatan mereka tetapi hal itu semua ku lakukan dengan didasari cinta aku pun berkata dalam hati”emang benar ya, yang dikatakan pepatah dulu kalau cinta emang sulit ditebak karena kita bisa mencintai dua orang sahabat. Aku pun meminta ma’af kepada mereka berdua karena kesalah pahaman ini walau aku sebenarnya tidak bersalah tetapi hanya Lala yang dengan mudah memaafkan aku sedangkan Ery masih terus marah.Seminggu berlalu setelah hari itu, Eri pun menyapa aku aku pun balik sapa tapi aku bingung kenapa dia menyapa aku padahal dia marah kepadaku,tapi dari kejadian itulah aku dan dia kembali berteman sebagai teman biasa dan aku tak memiliki perasaan cinta lagi kepadanya.
***
Beberapa bulan berlalu dan sekarang bulan Febuari bulan ini adalah bulan yang di tunggu-tunggu oleh para remaja diseluruh dunia karena bulan ini adalah bulan kasih sayang.setelah beberapa hari berlalu dibulan Febuari ini dan sampailah dipuncak hari kasih sayang yaitu tanggal 14 Febuari 2008 yaitu hari Valentine dan pada kesempatan itu aku bermaksud untuk memberi coklat kepada orang-orang yang aku pernah sayang dan ingin mengungkapkan cinta lagi kepada seorang cewek tetapi hal itu digagalkan oleh Eri yang menolak dan membuang coklat hasil pemberianku aku sedih,kecewa,dan sangat menyesal karena aku dulu telah mencintai orang yang tidak memiliki perasaan. Bulan Maret pun tiba aku mencoba mengukapakan cintaku yang dulu sempat tertunda karena Eri kepada seorang gadis yang bernama Alya dia cantik, putih, pinter, baik, asik,tinggi, hidungnya pasti mancung,gaul,dan pastinya dia cantik banget tetapi aku tak bisa mengukapkannya karena aku merasa bahwa dirinya terlalu sempurna buatku dan aku takut ditolak kembali oleh seorang gadis yang kucintai. Hari pun berjalan semestinya tidak ada yang aneh dengan hari-hariku walau aku memendam rasa cintaku kepada Alya.
***
Hari senin 12 Agustus kami mulai makin giat belajar karena satu minggu lagi kami akan menghadapi ulangan semester.Setelah satu minggu berlalu dan tepat hari senin kami menghadapi ulangan semester Genap. Hari kami mulai terasa berat dan menantang .”Uh akhirnya selesai juga ulangan semester kali ini rasanya lelah banget ”ucapku kepada Deniel “iya ya kenapa rasanya ulangan semester kali ini sangat melelahkan”jawab Deniel”aku juga ngga tahu”ucapku. Kesokkan harinya pada hari Jum’at sekolah mengadakan acara kelas meeting. Kami pun mengikuti lomba kelas meeting itu walau hanya lomba main Bola Volly. Pertandingan pun dimulai dan kami pertama kali bertanding hasil pada game pertama kami menang tapi hasil game ke 2-3 kami kalah walau kami memiliki banyak seporternya kami tetap kalah. Aku pun berkata”apa boleh buat mungkin itu kemampuan kita teman-teman”tapi mereka pun hanya diam meratapi kekalahan kami.seminggu pun telah berlalu tak terasa hari ini hari Jum’at lagi dan hari hari pengambilan Rapor oleh orang tua masing-masing aku pun merasa gugup karena aku tak tau hasil berjuanganku selama ini.Ternyata aku naik kelas dengan hasil yang lumayan bagus.
***
Sekarang hari Rabu bulan Juli tahun 2008, aku dan Deniel naik kelas kekelas XII IPA 1 dan Deniel karena dia telah memiliki seoarang kekasih bernama Cinta dia teman sekelas kami orang cantik asik di ajak ngomong,agak sedikit gendut,tinggi,hidung pesek tapi agak cengeng kalau ada sedikit aja masalah dia pasti nangis apalagi menyangkut oarng yang paling di sayanginya dan aku juga bertemu dengan perempuan bernama Jelita di teman sekelaku sekaligus teman sebangku sekarang dia putih,pinter,agak sedikit gendut,mata sipit,hidung pesek tapi nggak feminime gaulnya lebih popular disebut tomboy dan sedikit egois teman-teman ingin mengubah sifat jeleknya itu karena kalau dilihat baik-baik dia itu cantik dan mungkin banyak disukai cowok.Saat bertemu dengan Jelitalah aku mulai berani menyeritakan perasaanku kepada teman-temanku. Aku mulai bertanya-tanya dalam hati”perasaan apa ini yang ku rasakan kepada Alya sangat berbeda dengan perasaan yang kurasakan sebelumnya aku sangat teramat sayang dan cinta dengan Alya”aku berpikir aneh perasaan ini kenapa beda dengan atau ini yang dinama cinta yang sesungguhnya.Entalah aku juga nggak tau.
***
Sabtu malam minggu aku termenung didepan rumah dan suanana sepi,sunyi seyap,hanya bintang-bintang yang bertaburan dilangit dan aku berpikir tentang rencanaku untuk mengungkapkan rasa cintaku padanya dan pada keesokan harinya,hari senin saat jam pulang sekolah aku pun memberanikan diri, mengungkapkan perasaan cinta ku padanya Sesudah aku mengungkapkan hal itu. Dia berkata ”Tunggu jawaban ku yaaaa!”aku pun menjawab “Oke kutunggu jawaban kamu”. Ternyata setelah dua hari beralu tepat hari Rabu dia memberi jawaban”sorry,aku tak bisa menerimamu”aku cuma bisa berkata”Ow gitu ya”.tak beberapa lama datang Deniel,Cinta,Echa,Dan Jelita.Deniel bertanya “ ditolak yaaa?” aku menjawab”ya gitu dech”Deniel kembali menjawab”Aduh kacian ditolak cewek lagi eh jangan pergi kedukun yaa hanya karena ditolak cewek tiga kali aja”kemudian jelita memotong pembicaraan Deniel dan dia berkata”gila loe teman lagi patah hati coba dihibur jangan diejek ”aku pun kembali menjawab”nggak papa kok Ta.Tenang aja Den aku nggak akan pergi kedukun koq karena aku tau dosaku udah banyak nggak mungkin aku ingin nambahin dosaku”Echa pun ikut berbicara dengan kata-kata yang menyentuh hati dia berkata “iya benar kalau kita pergi kedukun itu musyrik namanya dan besar dosanya makanya dhik sabar aja dan banyak-banyaklah berdoa kepada Allah karena semua hal tidak ada yang tidak mungkin dimata-NYA dan jika doa kita tidak terjadi(terkabul) bukan berarti Allah tidak mendengarkan doa kita melain ditunda oleh Allah atau diganti-NYA dengan yang lebih baik”.walau Echa telah berkata begitu hanya menghilangkan sedikit rasa sedihku dan aku berkata dalam hatiku berkata” aku sedih,kecewa dan rasanya hati ini ditusuk oleh sebuah belati yang sangat tajam yang mampu menyobek daging ini dengan sekali ayun saja,mungkin hal itu karena ditolak seorang cewek yang teramat sangat aku cintai dan sayangi tapi mungkin itulah yang tebaik untukku dan untuknya,dan hal ini sebagai pembelajaranku menuju kedewasan, motivasi tetap berusaha walau semua tidak mungkin terjadi tapi lain halnya jika kita meminta pertolongan dengan Allah,dan aku harus berusaha mencoba melupakannya walau sebenarnya aku tak bisa melupakannya dan aku masih teramat sayang Kepadanya”.Pada Bulan Maret aku merasa kalau aku belum bisa mencintai dan dicinta seseorang dan aku memutus untuk tidak mencintai seseorang lagi untuk beberapa waktu ini. Aku pun akan jauh-jauh mengubur semua kenangan dan pengalamanku tentang CINTA karena pengalamanku tentang cinta dan perempuan sangat begitu menyakitkan. Mungkin kah benar yang dikatakan orang kalau virus cinta itu menyakitkan.
***

2 Comments

Komentar ditutup.