FESTIVAL MAULID AL-HABSYI KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2009

FESTIVAL MAULID AL-HABSYI
KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2009
Kegiatan Festival Maulid Al-Habsyi berlangsung selama 6 (enam) malam, dari tanggal 8 sampai dengan 13 Maret 2009. Tempat pelaksanaan kegiatan menggunakan Ruang Gedung Serba Guna Ampah.pict0017
Malam pembukaan tanggal 8 Maret 2009 pukul 19.30 hingga selesai, hadir Bapak Bupati Barito Timur Drs. H. Zain Alkim, Ketua DPRD Kab. Barito Timur H. Supriatna, S.Pd. MM, Ketua Pengadilan Negeri Barito Timur, Asisten Bupati Barito Timur, Kadis Pertambangan dan Energi Kabupaten Barito Timur, Bapak Camat Dusun Tengah, Kapolsek Dusun Tengah, Danramil Dusun Tengah, serta tokoh masyarakat, guru agama, dan warga masyarakat kabupaten Barito Timur, khususnya masyarakat kota Ampah.
Acara Festival Maulid Al-Habsyi Tingkat Kabupaten Barito Timur Tahun 2009 ini tergerak sebagai wujud dari antusias masyarakat dan inisiatif Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur. Atas dukungan pemerintah dalam hal ini Bupati Barito Timur, maka kegiatan festival ini dilaksanakan dengan meriah.
Festival yang memperebutkan Piala Bergilir Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur. Di samping itu juga ada trofi dan hadiah berupa uang pembinaan masing-masing kepada juara I Rp.5.000.000,- ; juara II Rp.4.000.000,- ; juara III Rp.3.000.000,- ; harapan I Rp.2.000.000,- ; harapan II Rp.1.000.000,- ; dan harapan III Rp.750.000,-.

Trofi tetap yang diterima

Trofi tetap yang diterima


Masing-masing pemenang juga mendapat bonus dari Bapak Bupati Barito Timur yakni, juara I Rp.2.500.000,- ; juara II Rp.2.000.000,- ; juara III Rp.1.500.000,-
Peserta yang tampil dalam festival terdiri atas dua kelompok/group, ada 21 group peserta laki-laki dan 18 group peserta wanita. Kelompok/group ini berasal dari perwakilan beberapa kecamatan yang ada di Barito Timur, antara lain: Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Benua Lima, Kecamatan Paju Epat, Kecamatan Paku, Kecamatan Dusun Tengah, Kecamatan Pematang Karau, dan Kecamatan Raren Batuah.
Lantunan syair-syair maulid Al-Habsyi yang diiringi gema terbang silih berganti dikumandangkan dengan khusuk oleh kelompok/group peserta Festival Maulid Al-Habsyi Tingkat Kabupaten Barito Timur Tahun 2009 di Kota Ampah.
Gemuruh penonton pun ikut mewarnai meriahnya acara festival yang telah lama ditunggu dan dinanti-nantikan ribuan masyarakat muslim kota Ampah khususnya dan Barito Timur pada umumnya. Di daerah lain, acara seperti ini sebenarnya memang sudah biasa dilaksanakan sampai pada tingkat Provinsi, seperti di Kalimantan Selatan. Bahkan kita dengar kabar bahwa pada tahun 2009 ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan semacam bonus bagi peserta festival melalui undian untuk 15 orang yang beruntung mendapat kesempatan untuk UMRAH.
Di Provinsi Kalimantan Tengah saya rasa baru pertama kali acara Festival maulid Al-Habsyi ini dilaksanakan dan ini pun baru diadakan di Kabupaten Barito Timur. Semoga kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah juga akan menyusul, dan bahkan sampai pada tingkat provinsi.
Manfaat dan tujuan dari kegiatan festival ini, antara lain menyalurkan kreativitas masyarakat, memupuk budaya, meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan diharapkan dapat mengurangi tindakan kriminal bagi remaja seperti narkoba dengan adanya kegiatan tersebut.