Asap Tebal Mengganggu Aktivitas Proses Belajar

Beginilah keadaan kabut asap yang menyelimuti daerah Kabupaten Barito Timur umumnya dan Kecamatan Dusun Tengah Khususnya Kota Ampah. Proses kegiatan belajar di sekolah terganggu, karena semakin siang asap yang menyelimuti daerah ini semakin menjadi. Pada hari senin, tanggal 28 September 2009, SMP Negeri 1 Dusun Tengah kembali memulai aktivitas belajar setelah libur akhir puasa dan Idul Fitri. Kegiatan upacara bendera terpaksa dilaksanakan di bawah kabut asap.
PICT0086
PICT0090
Sampai pada hari ini, Rabu, 30 September 2009. Kegiatan lain seperti pada pelajaran Pendidikan Jesmani dan Kesehatan. Berikut ini foto kegiatan olahraga di bawah kabut asap.
PICT0091
Setelah beberapa bulan terakhir, kemarau terus melanda daerah kabupaten barito timur khususnya dan Kalimantan tengah umumnya, kabut asap makin hari makin bertambah tebal. Memang untuk daerah kabupaten barito timur, khususnya kecamatan dusun tengah, ampah selama bualan ramadhan hanya pernah diguyur hujan satu kali. Itu pun tidak terlalu deras, sedangkan kebakaran hutan masih terus melanda dibeberapa desa. Entah berapa kerugian yang diderita masyarakat yang kebunnya terkena musibah kebakaran, seperti kebun karet, kebun rotan, dan lain-lain.
Dulu memang ada petani ladang berpindah yang setiap tahun melakukan pembakaran lahan, akan tetapi biasanya dilakukan secara gotong royong dan terkendali. Kebakaran hutan ini justru melanda kebun atau ladang mereka yang sudah jadi. Entah dari mana asal-usulnya api yang terus merambat menghabisi semak dan dedaunan kering sampai pohon atau tanaman yang segar pun dilalap sampai hangus.
Dampak kebakaran hutan ini sangat mempengaruhi aktivitas lainnya. Terutama di jalan raya, karena jarak pandang yang terbatas, maka para pengemudi kendaraan terpaksa menyalakan lampu. Di samping itu, asap tebal ini tentu sangat mengganggu kesehatan. Walaupun demikian, aktivitas proses belajar di sekolah tetap harus dilaksanakan.
Semoga hujan segera menghapus asap yang menyelimuti daerah ini.

4 Comments

  1. Salam kenal,

    Sepertinya kebakaran hutan menjadi agenda tetap tahunan ya Pak. Mestinya ada satu solusi supaya tidak terjadi seperti itu, yah semoga segera ada solusi yang bagus. Amin.

    Kalau boleh taut kemari, kami akan sangat senang.

    Terimakasih,
    Salam scouter
    XP2 Scout Banyuwangi Jatim

Komentar ditutup.