SMA KALIMANTAN TENGAH, UJIAN NASIONAL DAN CITA-CITA

04 Maret 2010.
Waktu yang berjalan sangat cepat, tak terasa sekarang kita sudah semakin dekat dengan pelaksanaan ujian akhir nasional terutama SMA. Jadwal UN untuk SMA tinggal dua minggu lagi, kalau tidak ada perubahan, maka UN SMA akan mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Maret bulan ini. Untuk tingkat SMP akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret ini yaitu tanggal 29 Maret s/d 1 April 2010. Mungkin ada siswa yang sudah sibuk menyiapkan segala sesuatu untuk strategi menghadapi UN tahun ini, mungkin juga ada siswa yang masih belum tahu apa yang harus dikerjakannya, atau bahkan enjoy saja tanpa memperhatikan perjalanan waktu yang begitu cepat bergulir.
Kalau kita cermati bersama, mengapa kok UN 2010 dilaksanakan begitu cepat sehingga waktu untuk kegiatan pembelajaran semester 2 hanya berlangsung beberapa bulan, bahkan beberapa minggu saja. Kalau dulu kegiatan pada bulan Maret ini masih proses KBM, Tengah Semester, atau setidaknya Ulangan Semester. Tahun ini UN dilaksanakan pada akhir bulan Maret. Bagaimana dengan sisa waktu sampai dengan akhir tahun pelajaran yaitu bulan Juni-Juli? Ya, kemungkin yang tidak tuntas/tidak lulus mengadakan remidial atau belajar lagi dalam sisa waktu itu, baru kemudian mengikuti Ujian Ulangan.
Saya turut bangga mendapat informasi bahwa beberapa siswa SMA yang dulu murid saya di SMP telah mengikuti tes penelusuran bakat/minat, atau tes masuk perguruan tinggi dan ternyata telah berhasil atau lulus. Aku hanya dapat berkomentar, “Ayo berjuang untuk meneruskan cita-citamu. Kamu harus optimis kalau Ujian Nasional nanti tidak menjadi kendala. Oleh sebab itu persiapkan dirimu sekarang juga, dan berjuanglah untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional!”

5 Comments

Komentar ditutup.