Bermutu Laporan On Service (Lesson Study)

 

LAPORAN LESSON STUDY

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

SMP NEGERI 1 DUSUN TENGAH

(HAMDAN, S.Pd)

 

  1. Perencanaan (Plan)

    Kegiatan lesson study akan dilaksanakan di kelas IXa Semester 2 SMP Negeri 1 Dusun Tengah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur tahun pelajaran 2009/2010. Lesson Study akan dilaksanakan pada kelas IXa jam pelajaran ke- 2,3 hari Senin, tanggal 1 Maret 2010. Dalam kegiatan lesson study tersebut direncanakan untuk mengundang teman-teman sebagai observer, dan perwakilan kelompok kerja kepala sekolah (MKKS) sebagai pemantau pelaksanaan kegiatan oleh guru model dan kegiatan observasi observer.

    Berdasarkan hasil pelaksanaan perencanaan lesson study telah dihasilkan beberapa hal, antara lain,

    1. Tersusunnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran
    2. Adanya lembar kerja siswa dan soal-soal tes untuk mengukur keberhasilan
    3. Format lembar observasi persiapan pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses kegiatan
    4. Format data-data untuk hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran
  2. DO
    1. Sesuai dengan rencana atau persiapan, maka kegiatan lesson study dilaksanakan pada hari Senin di kelas IXa Semester 2 tahun 2009/2010 pada SMP Negeri 1 Dusun Tengah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur.
    2. Secara rinci pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
      1. Hari    : Senin
      2. Tanggal    : 1 Maret 2010
      3. Waktu    : 07.25 – 08. 45
      4. Jam Ke-    : 2 – 3
    3. Ketika kegiatan lesson study dilaksanakan di kelas IXa tersebut yang menjadi guru model adalah Hamdan, S.Pd, hadir pula observer yaitu Ayang, dan Elyhawiyaty, S.Pd. Kelompok kerja kepala sekolah (MKKS) ternyata belum bisa hadir karena jadwal kunjungan belum ditentukan.
    4. Setelah proses pembelajaran dan observasi proses pembelajaran dilakukan, hasilnya dibahas dalam diskusi refleksi. Dengan menggunakan perangkat yang telah disiapkan, maka diadakan kegiatan diskusi refleksi dengan hasil sebagai berikut.
      1. Hamdan, S.Pd (Guru Model)

      Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk

      mengemukakan refleksi terhadap apa yang telah saya kerjakan bersama siswa pada saat pembelajaran membaca cepat. Saya berharap masukan dari teman-teman, karena jangan-lah teman-teman beranggapan saya sebagai guru pemandu yang menjadi guru model lalu dipandang yang terbaik. Tentu setiap kita manusia punya kelebihan tetapi juga punya ke-kurangan. Mohon jangan sungkan memberikan komentar karena kita sama-sama ingin mengadakan perubahan ke arah perbaikan di masa yang akan datang. Di sini saya ingin mengemukakan perasaan saya. Pada mulanya ketika saya belum menggunakan media Pro-KEM dalam pembelajaran membaca cepat, terasa bahwa siswa tampak mengalami kesulitan untuk mengukur kecepatan membacanya, dan tampaknya pelajaran membaca cepat kurang menarik dan kurang terarah. Setelah media ProKEM diterapkan, ternyata siswa lebih mu-dah untuk mengukur kecepatan membacanya dan sekaligus dapat melihat KEM mereka se-cara langsung. Di samping itu siswa dapat langsung mengukur tingkat penguasaan materi bacaan dengan menjawab soal-soal.

      1. Ayang (Observer)

      Secara keseluruhan bahwa hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan Pak Hamdan telah berjalan sesuai dengan rencana dan boleh dianggap berhasil dengan ba-ik. Hal ini tampak ketika dalam proses pembelajaran siswa dapat mengikuti skenario pem-belajaran yang telah dilakukan.
      Berdasarkan hasil pengamatan saya pada siklus I tahapan yang dilakukan masih berkisar meningkatkan kecepatan membaca baik dengan teknik la-tihan awal dan tahap pengenalan penggunaan ProKEM. Untuk itu saya menyampaikan bah-wa pada kegiatan berikutnya agar peneliti memaksimalkan penggunaan media ProKEM da-lam pembelajaran yang dilakukan sehingga siswa dapat lebih mudah mengikuti kegiatan membaca cepat.

      1. Elyhawiyaty, S.Pd (Observer)

      Saya hanya ingin menambahkan apa yang telah disampaikan oleh Bu Ayang yaitu pertama bahwa media ProKEM menggunakan perangkat komputer, oleh sebab itu, perlu di-sosialisasikan pada siswa secara seksama termasuk kepada rekan seprofesi tentang tek-nik/cara mengoperasikannya; dan kedua bahwa aspek aktivitas siswa yang masih dalam kategori kurang diharapkan dapat dimaksimalkan.

    1. See (Refleksi)
      1. Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia    
      2. Kelas     : IXa    
      3. Hari, Tanggal     : Senin, 1 Maret 2010    
      4. Guru Model     : Hamdan, S.Pd    
      5. Waktu Open Class    : 07.25 s.d. 08.45 jam ke 2,3    
      6. Waktu Refleksi     : Tanggal, 6 Maret 2010 jam 08.00 s.d. 12.00    
      7. Kesan dan Pesan Guru Model    :    

      Setelah media ProKEM diterapkan, ternyata siswa lebih mudah untuk mengukur kecepatan membacanya dan sekaligus dapat melihat KEM mereka secara langsung. Di samping itu siswa dapat langsung mengukur tingkat penguasaan materi bacaan dengan menjawab soal-soal.

      1. Tanggapan Observer    :    

      Berdasarkan hasil pengamatan saya pada siklus I tahapan yang dilakukan masih berkisar meningkatkan kecepatan membaca baik dengan teknik latihan awal dan tahap pengenalan penggunaan ProKEM.    

      Media ProKEM menggunakan perangkat komputer, oleh sebab itu, perlu disosialisasikan pada siswa secara seksama termasuk kepada rekan seprofesi tentang teknik/cara mengoperasikannya; dan kedua bahwa aspek aktivitas siswa yang masih dalam kategori kurang diharapkan dapat dimaksimalkan.

      1. Tanggapan Guru Pemandu    :    

      Saya berharap masukan dari teman-teman, karena janganlah teman-teman beranggapan saya sebagai guru pemandu yang menjadi guru model lalu dipandang yang terbaik. Tentu setiap kita manusia punya kelebihan tetapi juga punya kekurangan. Mohon jangan sungkan memberikan komentar karena kita sama-sama ingin mengadakan perubahan ke arah perbaikan di masa yang akan datang. Saya juga bangga dan menghargai kreativitas Bapak/Ibu dalam mengolah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan berbagai metode, teknik, dan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

       

       

       

       

      Kepala SMP Negeri 1 Dusun Tengah,

       

       

      SUHAINI, S.Pd

      NIP 195208281978031010

7 Comments

  1. Saya benar-benar ingin melakukan kajian penulisan inggris dalam tulisan ini sebagai bahasa ilmiah atau serapan. Tentunya kalo penulisan ilmiah, maka kalimat yang digunakan menjadi New Pattern in English (pola baru).😀
    Terima kasih telah berbagi.

Komentar ditutup.